Cara mengatasi sindrom asperger

CARA MENGATASI ANAK SINDROM ASPERGER

1. Selalu ramah kepada anak, tetapi tegas. Jika anda memainkan suatu permainan dan si anak sulit memahaminya, maka lemah lembutlah sekaligus bersikap tegas. Anda mungkin harus menyisihkan waktu untuk memberi penjelasan selama berulang-ulang. Tetapi anak harus bisa belajar mentaati aturan-aturan sama halnya seperti orang lain.

2. Berikan kepada anak penderita Asperger peluang untuk mempraktekkan keahlian yang kurang pada diri mereka. Saya mengerti bahwa anda tidak dapat memaksakan mereka untuk melakukan semuanya. Tetapi jika mereka punya kesempatan untuk melakukan sesuatu bagi diri mereka, maka buatlah yang terbaik untuk mendorong mereka menyelesaikan tugas sebisa mungkin, berikan selalu semangat yang bisa membesarkan hati.

3. Terkadang perilaku yang tidak menyenangkan dari si anak perlu kita abaikan. Saya tahu ini sulit tetapi terkadang inilah yang terbaik. Situasinya seperti anak kecil yang sedang marah hebat. Seringkali kita sebagai orang tua akan mengabaikan perilaku tersebut sampai hilang dengan sendirinya. Tetapi, aktivitas yang memang terlihat jelas membahayakan seharusnya dihentikan dengan segera.

4. Jika diperlukan, bertanyalah kepada si anak apakah anda bisa membantu mereka, khususnya jika anda melihat si anak sedang berjuang dengan sesuatu. Mereka mungkin berkata tidak, tetapi menawarkan pertolongan selalu merupakan sikap yang baik. Ini tidak berarti bahwa anda mengambil alih dan melakukan semua untuk anak. Anda terkadang perlu menyeimbangkan.

1 komentar:

Herman Execution mengatakan...

saya baru sadar menderita penyakit ini saat berumur 27 tahun sampai saat ini pun belum sembuh adakah cara penyembuhannya?

Posting Komentar