Tahukah anda?

Dari Abdullah bin Amr Ibn Al-ash ra bahwa Rasulullah bersabda " Barang siapa yang bangun malam membaca sepuluh ayat Al-Qur'an akan dicatat sebagai orang yang tidak lalai, siapa yang membaca seratus ayat A-Qur'an maka akan dicatat sebagai orang yang mantap dan kuat, dan siapa yang membaca seribu ayat Al-Qur'an akan dicatat sebagai orang yang kaya raya".

Diriwayatkan oleh Balquni dari Muadz bin Jabal, bahwa Rasulullah bersabda kepadanya sewaktu beliau mengutusnya ke Yaman, "Sesungguhnya kamu nanti akan bertemu dengan kaum Ahli Kitab, lalu mereka akan bertanya kepadamu tentang kunci surga. Jawablah, bahwa kuncinya adalah "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah"".

Imam Al-ghozali pernah menulis "Sesungguhnya Al-quran itu merangkumi 77.200 ilmu, karena pada setiap perkataannya memiliki ilmu, dan ilmu itu berlipat ganda 4 kali karena pada setiap perkataan itu ada yang Zahir, Batin, Pembatas dan Pemula".

Dalam sebuah hadis Qudsi, Allah SWT telah mewahyukan kepada Nabi Daud AS dengan firmanNya

"Wahai Daud, perumpamaan dunia itu laksana bangkai dimana anjing-anjing berkumpul mengelilinginya dan menyeretnya kian kemari. Apakah engkau senang menjadi seekor anjing yang ikut bersama mereka menyeret bangkai itu kian kemari? Wahai Daud, berlemah-lembutlah dalam pembicaraan dan berlaku sederhanalah dalam berpakaian. Kemasyuran namamu diantara khalayak ramai tidak akan identik selama-lamanya (dengan apa yang diperoleh) di akhirat nanti".

Menurut al-Hasan al Basri, berdasarkan cara pengungkapan pendapatnya, manusia terbagi menjadi tiga golongan. Pertama, mereka yang mempunyai pendapat dan suka dimusyawarahkan; Kedua, mereka yang mempunyai pendapat tapi tidak suka bermusyawarah; dan ketiga, mereka yang tidak mempunyai pendapat dan tidak suka bermusyawarah".

Jika kita amati dengan teliti setiap surah dalam Al-Quran, maka hanya surah At-Taubah lah yang tidak di dahului dengan Basmalah. Mengapa demikian? Menurut Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbahnya, ulama berbeda pendapat tentang masalh ini. Ada yang berpendapat bahwa ini mengikuti kebiasaan masyarakat arab yang tidak menyebut basmalah bila membatalkan perjanjian. Ada juga yang berpendapat bahwa basmalah itu mengandung curahan rahmat dan limpahan kebajikan, sementara surah ini berbicara tentang pemutusan hubungan Allah dengan rasulNya terhadap kaum musyrik, sehingga mereka tidak wajar mendapat rahmat dan kebajikan. Ada pula yang berpendapat bahwa ketika surah ini turun, para sahabat bingung apakah ia merupakan satu surah tersendiri atau bagian dari surah Al-Anfal, maka merekapun menulisnya tanpa basmalah.

Imam Al-Qusyairi berkata, "Basuhlah anggota tubuhmu dengan empat hal. Basuh wajahmu dengan air wudhu, basuh lisanmu dengan dzikir kepada Allah, basuh hatimu dengan taqwa, dan basuh dosamu dengan taubat".

Beruntunglah mereka yang setia menunaikan ibadah sholat jum'at. Sebab pada hari itu, sebagaimana diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib RA, bahwa ia mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Pada hari jum'at itu ada 70 malaikat akan duduk disetiap pintu mesjid untuk mencatat nama-nama orang sampai laki-laki terakhir saat imam sedang duduk diatas mimbar. Dimana laki-laki tersebut tidak menyakiti orang lain dimajelisnya dan tidak berkata-kata kecuali dengan kata-kata yang baik, maka lelaki itu akan masuk ke dalam kelompok orang yang mendapat serendah-rendahnya pahala hari jum'at".

"Hai manusia, bertaqwalah kamu kepada Tuhanmu. Sesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang amat dahsyat. Pada hari kamu melihatnya, setiap ibu yang menyusukan akan lupa kepada bayinya yang sedang menyusu. Dan setiap wanita yang mengandung akan gugur kandungannya. Ketika itu akan engkau lihatmanusia seperti mabuk padahal mereka tidak mabuk, tetapi adzab Allah benar-benar amat keras." (Qs. Al-Hajj 1-2) Lalu Rasulullah SAW bersabda "Tahukah kalian hari apa itu? Pada hari itu Adam AS akan dipanggil oleh Allah SWT dan Allah berkata "Hai Adam, sisihkanlah para penghuni neraka", Adam berkata "Ya Tuhan, berapa banyak penghuni neraka itu?", Allah SWT berkata "DARI SETIAP 1000 ORANG, 999 AKAN MASUK NERAKA, DAN YANG SEORANG LAGI AKAN MASUK SURGA"

0 komentar:

Posting Komentar