Kerusakan yang sering ditemukan pada notebook

Apakah anda pernah menemukan garis pada layar monitor notebook anda?
apakah notebook anda sering hank ketika anda terlalu lama memakainya?
atau masih banyak problem yang lain?

perlu diketahui anda tidak perlu pusing-pusing untuk memikirkannya,karena
disini saya akan berbagi pengalaman ,tentang mengetahui problem yang sering ditemukan pada notebook.


Nah sekarang saya akan mengajak anda untuk sedikit mengetahui problem yang sering ditemukan pada notebook :

1. Tampilanp lcd atau monitor berwarna putih
Tampilan lcd atau monitor berwarna putih sering disebabkan oleh kabel signal lcd yang kurang plug atau kurang pas ketika pemasangan,terkena air pun bisa menjadi faktor utama tampilan menjadi putih.


karena kabel signal merupakan penghubung utama antara lcd monitor dengan motherboard, jadi sangatlah penting untuk sangat memperhatikan pemasangan kabel signal ini.
jika anda menemukan masalah ini cobalah untuk membongkar top case pada lcd notebook anda, kemudian jika kabel signal kurang plug cobalah untuk memplug ulang kabel signal nya.

2. Over hank
wah kalau kita membicarakan yang satu ini pasti masalah inilah yang paling sering kita temukan.
penyebabnya yang sering menimbulkan over hank ialah " kotornya komponen dalam notebook yang jarang dibersihkan ".

Khususnya adalah heat sink, heat sink terbagi menjadi 2 yaitu heat sink untuk pendingin dan heat sink untuk kipas processor ( heatsink fan).

  • heat sink processor adalah logam dengan design khusus yang terbuat dari alumuniun atau tembaga (bisa merupakan kombinasi kedua material tersebut) yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah prosesor. Perpindahan panas terjadi menggunakan aliran udara di dalam casing. jika aliran udaranya teranggu, maka bisa dipastikan prosesor akan kepanansan
  • heatsink fan (HSF). Cara kerja dari HSF mirip seperti pada pendinginan menggunakan heatsink, tetapi pada HSF ditambahkan sebuah kipas untuk mempercepat proses transfer panas. HSF bekerja lebih baik daripada Heatsink. pada masa kini HSF menggunakan teknologi heatpipe yaitu pipa tembaga kecil untuk transfer panas dengan menggunakan konsep kapilaritas.

1 komentar:

Dewi Syifa Imaniar mengatakan...

saya mau nannya saya pny laptop nah laptop saya tuh nyala tp g tampil nah disamping itu yg saya perhatikan disitu lampu indikatornya berkedip" trs,,nah kira" itu knp ya??tlng bls ke email saya di shoeisparrows@gmail.com

Posting Komentar